Annisa

I have oppinions

Rangkuman Tulisan “The Tragedy of The Commons” Garret Hardin (1968)

Perkembangan teknologi telah membawa berbagai kemudahan bagi manusia, sehingga berbagai permasalahan seakan-akan dapat terpecahkan dengan adanya teknologi. Namun, benarkah? Lebih lanjut dalam tulisan awalnya, Hardin mengutip artikel yang ditulis Wiesner dan York, ‘National Security in Nuclear War’ yang menyebutkan bahwa kedua kubu yang berperang akan dihadapkan pada sebuah dilema antara meningkatkan persenjataan militer dan menurunnya keamanan nasional dalam negeri. Masih dalam tulisan tersebut hal ini merupakan hal yang tidak bisa terpecahkan secara teknologi semata karena jika si pemegang kekuasaan hanya mengambil solusi dari segi keilmuan dan teknik, hasilnya akan lebih buruk. Kutipan tersebut merupakan pengantar dari tulisan Hardin berikutnya yaitu yang dibahas adalah mengenai permasalahan populasi yaitu perkembangan populasi manusia yang meningkat di bumi yang memiliki daya dukung terbatas untuk makhluk yang hidup di atasnya.

Menurut Hardin, dunia ini terbatas untuk mencukupi kehidupan yang terbatas. Oleh karena itu, pertumbuhan populasi harus mendekati nol jika ingin membuatnya seimbang. Sebagai contoh adalah para peternak hewan dan lahan rumput yang digunakan bersama-sama, sebagai seorang peternak yang rasional pasti akan berpikir untuk menambahkan hewan ternaknya untuk meningkatkan keuntungan secara maksimal, walaupun pada nantinya padang rumput yang menyokong makanan ternak akan habis karena kelebihan ternak. Dengan model matematika dijelaskan bahwa :

-          keuntungan dari penambahan hewan ternak adalah + 1

-          akibat dari pengambilan rumput yang berlebihan _ 1

Maka, keuntungan dan kekurangan dari penambahan ternak tersebut tidaklah sama nilainya. Keuntungan akan diterima oleh peternak itu sendiri sebagai individu, sedangkan kerugian akibat penambahan ternak akan dirasakan dampaknya oleh seluruh anggota peternak yang menggunakan lahan tersebut. Namun, karena semua berfikir rasional yang sama, maka semua peternak akan meningkatkan jumlah ternaknya sebanyak mungkin karena ingin memperoleh keuntungan sebanyak mungkin sehingga terjadilah tragedi bersama yaitu pengambilan rumput yang sangat berlebihan. Selanjutnya, Hardin juga mencotohkan dari eksploitasi laut, taman nasional, sungai, pengiklanan, hingga parkirmeter.

Untuk mengatasi tragedi bersama di atas, solusi yang ditawarkan Hardin adalah privatisasi sumber-sumber alam tersebut, regulasi penggunaan sumber-sumber alam, dan pajak. Semua keputusan diputuskan atas persetujuan bersama. Dengan adanya pembatasan-pembatasan tersebut maka manusia tidak akan menggunakannya secara berlebihan. Selain itu, untuk mengurangi penggunaan sumber alam tersebut, maka pengguna yaitu manusia harus dikurangi dengan cara pembatasan kelahiran. Hardin sangat tidak setuju dengan kebebasan memiliki anak. Menurutnya, hal tersebut akan membawa pada kehancuran dunia.

About these ads

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: